Wednesday, August 10, 2011

3. Kegiatan Training of Trainer (TOT)

JUPE DATANG
JUPE bukan juga artis..:D
JUPE DATANG memiliki arti di STIKOM Surabaya.
yaitu :

JU = JUjur,,PE = Peduli,,DA = cerDAs,,TANG = TANGguh

Yang dimana mahasiswa akan memiliki sifat jujur terhadap semua perbuatannya,,Peduli terhadap sesama tanpa membedakan suku dan Agama,,Cerdas berpikir atau cepat tanggap terhadap suatu permasalahan,,Tangguh / tetap kuat terhadap suatu permasalah yang dapat melemahkan kita..


contoh game pada yang mencerminkan budaya JUPE DATANG adalah :
Jujur : yang dimana kami memainkan game Kelapa Kepala. Game ini bersifat kelompok dan harus membawa 1 buah kelapa utk dibawa ke tempat tujuan dengan menggunakan kepala masing2 tim. Game ini bisa melakukan kecurangan, jadi game ini harus benar benar jujur untuk memainkannya agar satu tim bisa terbiasa bersifat jujur.

Peduli : Menurut saya peduli ini adalah menyongsong fajar,, kenapa??
karena game ini membutuhkan kepedulian supaya satu tim bisa berjalan sampai ke tujuan yang akan melewati beberapa rintangan , contohnya jalan yang curamnya tajam dan berlumpur,, salah satu tim akan bisa terjatuh apabila tidak ada kekompakan,,atau jika teman satu tim sakit yang dimana tim ini harus membantu / menolong temannya yang sakit. Perjalanan ini harus mempunyai kerja sama yang tinggi. Kita tidak bisa berjalan sendirian dengan kegelapan tetapi kita membutuhkan seseorang untuk sampai ke tujuan.

Cerdas : game yang benar benar berpikir adalah Water Pipe..
Game ini harus menggunakan alat pipa yang sudah dilubangi di beberapa sudut,, air,, dan bola kecil. bola kecil harus dimasukan ke dalam pipa dan harus terangkat menggunakan air. pengalaman kami pada saat bola hampir naik kea atas tetapi turun lagi kebawah karena banyknya air yang bocor di beberapa lubang meskipun kami sudah berusaha yang terbaik. Yang pada akhirnya kami menemukan jawabannya yang pada akhirnya kmi memenangkan game ini.

Tangguh. : menurut saya contih gamenya adalah Menerobos ketidak mungkinan.
Game ini harus tangguh terhadap halangan yang ada, contohnya adalah lumpur, dan garis pembatas. Dimana salah satu tim harus merangkak bersama lumpur tetapi tidak boleh mengenai jalur pembatas yang sampai ke tujuan. Dengan bantuan satu tim.

No comments:

Post a Comment